Ekonomi dan Segala Hal yang Ada di Dalamnya

Ekonomi adalah kata yang sudah lama sekali kita dengar, mulai dari kita duduk di bangku sekolah, terutama sekali pada saat kita dikenalkan pada sesuatu hal yang ada kaitannya dengan dunia usaha atau bisnis.

Pada saat pertama kali kita mengeyam pendidikan di sekolah, kita sudah sedikit mengenal istilah ekonomi. Sebatas yang kita tahu ekonomi adalah suatu bidang studi, salah satu dari bidang ilmu pengetahuan, khususnya ilmu sosial.

Ekonomi juga bisa kita hubungkan dengan keluarga atau rumah tangga. Bisa itu rumah tangga yang dimiliki oleh perorangan maupun rumah tangga suatu perusahaan. Rumah tangga dengan segala aturan dan manajemen pengelolaannya.

Dalam arti yang lebih luas lagi, jika kita membicarakan tentang ekonomi maka yang akan kita pelajari adalah segala sesuatu yang ada kaitannya langsung dengan aktifitas yang dilakukan oleh seorang manusia.

Aktifitas atau kegiatan yang dijalankan oleh seorang itu manusia itu banyak sekali ragamnya. Semuanya saling memiliki hubungan satu dengan yang lain. Segala hal yang berkaitan dengan konsumsi atau penggunaan, produksi atau hasil, distribusi atau penyaluran termasuk di dalam ilmu ekonomi tersebut. Dan konsumsi, produk serta distribusi tersebut akan berkorelasi langsung dengan barang dan jasa.

Kalau kita membicarakan tentang ekonomi yang ada di dalam suatu rumah tangga, pada umumnya yang akan kita ulas adalah kondisi keuangan yang ada pada keluarga tersebut serta kemampuan suatu keluarga dalam hal mengelola kondisi ekonomi atau keuangannya.

Pada umumnya kita bisa mengetahui kondisi ekonomi dari suatu keluarga dengan melihat apa yang ditampakkan oleh keluarga yang bersangkutan. Jika keluarga tersebut bisa memiliki segala sesuatunya dengan berkecukupan, artinya mereka sudah bisa dikategorikan sebagai keluarga yang mampu, kondisi ekonominya sudah berada pada taraf yang baik.

Demikian pula halnya apabila diterapkan pada suatu perusahaan. Jika suatu perusahaan bisa terus berjalan lama, bisa terus menghasilkan keuntungan yang besar, bisa memberikan kontribusi bagi sekelilingnya berarti perusahaan tersebut sudah dapat mengejawantahkan ilmu ekonomi dengan baik. Perusahaan tersebut bisa mengelola serta mengatur segala sesuatunya dengan sangat bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *